IMG_9017 1

Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Bupati Kabupaten Banyuwangi, mengunjungi SMKS Muhammadiyah 1 Genteng (SMKS Muhi Genteng). Kunjungan tersebut dalam rangka Kampanye Generasi Muda Sehat Tanpa Rokok yang digelar pada Rabu, (03/09/2024). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puskesmas Kembiritan yang bertempat di Aula SMKS Muhammadiyah 1 Genteng.

Dalam kunjung tersebut, Ipuk mendorong agar siswa tidak merokok. Merokok memiliki akibat buruk bagi kesehatan kita, apalagi bagi generasi muda. Lebih-lebih, menurut Ipuk generasi muda ini yang nantinya akan menjadi pemimpin di masa depan, maka sangat disayangkan jika generasi muda justru tidak sehat karena merokok.

“Bagaimana kalian menjadi generasi masa depan yang hebat kalau kesehatan kalian di masa sekarang tidak diperhatikan,” ucap Ipuk.

Kegiatan ini sendiri diikuti lebih dari tiga ratus siswa yang juga merupakan siswa Kelas X SMKS Muhammadiyah 1 Genteng. Tak hanya penyuluhan dan edukasi bahaya merokok, juga dilakukan skrining perilaku merokok dan skrining kesehatan mental. Kesemua materi tersebut disampaikan oleh Febriana Narulita dari Puskesmas Kembiritan, Genteng.

Seluruh peserta kegiatan tampak antusias mendengarkan berbagai materi. Terlebih saat didatangi langsung oleh Bupati Banyuwangi. Saat Bupati Banyuwangi tersebut meminta peserta maju untuk diberi pertanyaan, lebih dari lima siswa kedapatan berebut maju untuk ditanyai orang nomor satu di Banyuwangi itu.

Bahaya Rokok

Ketika Ipuk bertanya tentang bahaya merokok, ke semua siswa menyatakan bahwa rokok berbahaya dan mereka bertekad menjauh dari perilaku merokok. Salah satu siswa berucap bahwa rokok itu berbahaya bukan untuk diri kita sendiri, tetapi juga orang di sekitar kita.

“Jangan merokok, bahaya untuk diri kita, teman-teman kita dan keturunan kita,” jawabnya disambut tepuk tangan dari peserta lainnya.

Senada dengan itu, seorang siswi yang ditanya oleh Ipuk juga menyatakan bahwa sebagai perempuan mereka tidak menyukai orang yang merokok.

“Kalau paru-parunya saja tidak dijaga, apalagi kita,” jawabnya sembari disambut sorak sorai dan teput tangan peserta.

Kedatangan Bu Ipuk dalam kegiatan ini disambut baik oleh Aan Cahyanto selaku Wakil Kepala SMKS Muhammadiyah 1 Genteng, menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya sangat penting kegiatan ini untuk mengedukasi siswa terkait bahaya merokok.

“Sangat positif untuk mengedukasi siswa tentang bahayanya merokok. Kami ingin sekolah kami benar-benar bebas dari rokok,” pungkasnya. (*)

*pernah terbit di PWMU